Selasa, 25 Agustus 2009

Bertentangankah Pancasila Dengan AlQur'an?

Dibawah ini disampaikan ayat-ayat AlQur'an yang menjadi dasar dari sila-sila Pancasila.

1.KETUHANAN YANG MAHA ESA.

Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. (Q.S. Al-Ikhlas : 1)

2.KEMANUSIAAN YANG ADIL dan BERADAB.

Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan …………… (Q.S. An Nisaa’: 135)

Sedangkan kata “BERADAB” artinya adalah tingkah laku yg baik, sopan santun, mempunyai tatakrama, berbuat baik dan lain sebagainya.
……..Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan (Q.S. Ali 'Imran : 148)

3.PERSATUAN INDONESIA.

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, ……..(Q.S. Ali Imran : 103)

4.KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN.

Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang kami berikan kepada mereka. (Q.S. Asy Syuura : 38)

5.KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (Q.S. AL Nahl : 90)

KESIMPULAN : Sesungguhnya Indonesia adalah negara yang dasar negaranya (Pancasilanya) berdasarkan pada Al Qur’an (kitab suci yang selalu dijaga kesuciannya oleh Allah penguasa langit dan Bumi).

Pernahkah kita berpikir mengapa Allah SWT menjatuhkan kemerdekaan RI pada tanggl 17 Agustus yang pada malam harinya tepat malam nuzulul Qur’an, malam turunnya al-Qur’an, padahal pada waktu itu para pemuda menginginkan pembacaan proklamasi bukan tanggal 17 Agustus. Hal ini menandakan bahwa Allah meridhai perjuangan pahlawan-pahlawan negara ini dan sudah seharusnya kita melanjutkan perjuangan mereka dengan belajar dan mencerdaskan bangsa.

Waallah hu alam bishawab.

Tidak ada komentar: